Prospek peluang usaha fashion di Indonesia - Fashion adalah sesuatu yang
sangat digemari di berbagai dunia, salah satu negara yang memiliki perkembangan
fashion yang cukup pesat adalah Indonesia, hal ini bisa terlihat dari pusat–pusat
perbelanjaan fashion dan pakaian di Indonesia yang jadi barometer pembelian
fashion dan pakaian non branded di Asia Tenggara. Ambil contoh kecilnya dalah
Pasar Tanah Abang, dipasar ini berbagai macam pakaian dngan berbagai macam
pilihan ada dan setiap harinya dijejali oleh pengunjung yang tidak hanya datang
dari berbagai daerah di Indonesia namun juga luar negeri selain ibu rumah tangga juga banyak pebisnis kakap.
Hal yang kurang lebih sama jug
aterjadi dengan Pasar Baru Bandung
yang terdapat dikota Bandung Jawabarat, di pasar inipun banyak terdapat pembeli
luar negarai seperti halnya dari Thailand Singapura dan terutama Malaysia yang
mamebali pakaian dan bahan dari pasar ini, kunjungan pasar akan menjadi lebih ramai
dan sibuk saat akhir pekan maupaun menjelang hari raya. Hal ini mencerminkan Prospek
peluang usaha fashion di Indonesia
yang cukup baik.
Prospek peluang usaha fashion di Indonesia |
Dengan ramainya kedua pasar
tersebut oleh pangsa pasar Asia Tenggara maka tidak berlebihan rasanya jika
pemerinah melalui 4 kementerian, yakni Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian
Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
(Kemenparekraf), dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Mencanangkan
untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fashion Asia pada tahun 2018,
keempat kementerian akan bahu membahu
untuk saling melengkapi dan memiliki tugas masing-masing untuk bahu membahu
memberikan kemajuan bagi dunia dan peluang usaha fashion di Indonesia.
Diantara tugas-tugas dan peran kementerian
tersebut antara lain penciptaan dan pemahaman tren fashion yang merupakan tugas
dan peran Kementrian Perdagangan. Lalu peran dan tugas Kementerian
Perindustrian adalah di aspek industrinya,
seperti pencarian bahan baku baru, mata
rantai penunjang industri fashion. Peran
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah adalah terkait pelatihan bisnis,
memfasilitasi wirausaha yang masih baru, dan pembentukan kelompok kerja agar
makin solid dan terarah.
Sementara Dirjen Pengembangan
Ekspor Nasional Kemendag yakni Gusmardi Bustami menyatakan akan fokus pada bidang
pemasaran serta distribusi produk untuk menguasai pasar regional dan
mancanegara. Dengan semua pencanangan dan perencanaa serta melihat iklim
industri fashion tanah air prospek peluangusaha fashion di Indonesia tentu akan semakin menjanjikan.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.